Kamis, 28 Januari 2016

tugas dasar dasar manajemen rumah sakit

TUGAS
MANAGEMEN RUMAH SAKIT
PERENCANAAN STRATEGI

UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Di Susun Oleh             :
HANA AMANIA HAQ
201331108

PROGRAM STUDI KESEHATAN MAYSARAKAT
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN


Perencanaan Strategi Mayapada Hospital
Jl. Honoris Raya Kav.6 , Modernland - Tangerang

VISI Mayapada Hospital
Menjadi tempat tujuan pelayanan kesehatan yang inovatif dan menyeluruh. 
MISI Mayapada Hospital
·         Berdedikasi untuk memberikan pelayanan berkualitas, cepat, tepat, efisien dan efektif.
·         melakukan penelitian, pengembangan terus menerus dengan penuh kasih dan filosofi nilai-nilai kepercayaan.
MOTTO
Kualitas, kasih, kerjasama tim, kekeluargaan dan bertanggung jawab dalam kinerja.
SEJARAH
Mayapada Hospital adalah sebuah rumah sakit yang diprakarsai oleh Mayapada Group melalui Mayapada Healthcare Group (MHG). 

Mayapada Hospital mengembangkan pelayanan yang bertaraf international. Bekerjasama dengan NHG (National Healthcare Group) Singapura -sebuah institusi yang berpengalaman mengelola rumah sakit-rumah sakit ternama di Singapura seperti National University Hospital (NUH), TanTock Seng Hospital, dan John Hopkins Singapura International Medical Center- , Mayapada Hospital selalu mengadakan pelatihan untuk meningkatkan standarisasi pelayanan, baik pelatihan administrasi, keperawatan maupun kedokteran. 

Tujuan didirikannnya Mayapada Hospital adalah melayani pasien terutama masyarakat Indonesia agar mendapatkan perawatan dan pelayanan rumah sakit berstandar International tanpa harus ke Singapura atau ke luar negeri. Untuk itu Mayapada Hospital telah melakukan penambahan berbagai peralatan yang mutakhir untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.
Fasilitas dan Pelayanan di Mayapada Hospital
Center of Excellence
ü  Tahir Neuroscience center
ü  Gastrointestinal & Liver Center
ü  Cardiovascular Center, Oncology Center
ü  Spine & Anthroplasty Center.

Rawat Jalan
Ø  Klinik Khusus
-          Klinik Gizi
-          Klinik Obesitas
-          Klinik Akupuntur kecantikan / medis
-          Klinik kecantikan
-          Klinik tumbuh kembang anak
-          Klinik terapi tumbuh kembang anak
Ø  Poliklinik Spesialis
1.      Pelayanan Medis Umum
·         Dokter umum
·         Konsultasi psikologi
·         Ahli Gizi
2.      Pelayanan Medis Spesialis dan Sub Spesialis

·         Kebidanan dan Kandungan
·         Kesehatan anak
·         Gizi klinik
·         Jantung dan Pembuluh darah
·         Kesehatan jiwaKulit dan kelamin
·         Mata
·         Syaraf
·         Paru-paru
·         THT
·         Andrologi
·         Rehabilitasi medic
·         Akupuntur
·         Radiologi
·         Bedah :
o   Bedah Umum
o   Bedah Tumor
o   Bedah Tulang dan Traumatologi
o   Bedah Urologi/Saluran Kemih
o   Bedah Syaraf
o   Bedah Vaskuler
·         Penyakit Dalam :
o   Penyakit Dalam umum
o   Saluran Cerna dan Hati
o   Darah dan Onkologi/Tumor
o   Endoskopi
·         Gigi :
o   Bedah Mulut
o   Orthodontist
o   Konservatif
o   Periodentist
o   Cosmetic Dentistry
o   Family Dentistry
·         USG 4 Dimensi
Ø  Medical Check Up
·         MH Signature
·         MH Supreme

Rawat Inap
ü  Kamar Super VIP
ü  Kamar VIP
ü  Kamar kelas 1
ü  Kamar kelas 2
ü  Kamar kelas 3
Fasilitas Penunjang
ü  Laboratorium
ü  Radiologi
ü  Rehabilitasi Medik
ü  Apotek
IGD

v  DATA INTERNAL:
Kekuatan (Strength) :
1.      Memiliki lahan parkir luas.
2.      Memiliki kerjasama asuransi seperti : prudential, bpjs (ketenagakerjaan), jaminan prusahaan.
3.      Memiliki banyak spesialistik.
4.      Memiliki akreditasi yang cukup baik di bidang neurologi.
5.      Memiliki fasilitas medis yang lengkap.
6.      Banyak memiliki dokter spesialis yang berkompeten di bidangnya.
7.      Lokasi yang strategis dan mudah di cari.
Kelemahan (weekness) :

1.      Belum dapat melayani BPJS umum dan BPJS peserta dari PNS dan ABRI.
2.      Akses menuju lokasi agak susah karena terletak di lokasi yang tidak terjangkau kendaraan umum.
3.      Musholla yang letaknya berdekatan dengan kamar mayat, terletak di basement.
4.      Ruang rawat inap cepat penuh, sehingga harus antri untuk mendapatkan kamar.
5.      Harga makanan di kantin lumayan mahal dan tidak banyak pilihan.

v  DATA EKSTERNAL :
Peluang (Opportunities)
1.      Mendapat penghargaan :
·         Tahun 2002, mendapat ISO 9001 : 2000.
·         Tahun 2005, mendapat Akreditasi Rumah Sakit dengan 12 pelayanan.
·         Tahun 2009, mendapat Akreditasi Rumah Sakit dengan 16 pelayanan.
2.      Pesaing hanya mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas.
3.      Pelayanan Inap pesaing termasuk kelas ekonomis.
4.      Rumah Sakit mayapada memliki dokter yang hampir semuanya sudah spesialis.
5.      Sertifikat Akreditasi pesaing telah memenuhi standar pelayanan dalam 16 bidang pelayanan 
6.      Bekerjasama dengan beberapa asuransi.
Anacaman (Threats)
1.      Mempunyai beberapa cabang yang di dirikan oleh Mayapada Group yang tersebar di wilayah Indonesia khususnya Tangerang dan Jakarta.
2.      Mayapada Hospital memiliki produk unggulan diantaranya Tahir Neuroscience center, Gastrointestinal & Liver Center, Cardiovascular Center, Oncology Center, Spine & Anthroplasty Center.
3.      Memiliki peralatan yang menunjang dalam memberikan pelayanan kepada pasien diantaranya MRI, CT SCAN, EKG dll.
4.      Mempunyai petugas yang ramah dan sigap dalam pelayanan
5.      Mayapada Hospital melayani pasien kelas menengah dan bekerjasama beberapa asuransi prudential, bpjs (ketenagakerjaan), jaminan prusahaan. 
6.      Mayapada Hospital juga memiliki pelayanan lain-lain yang menjadi andalannya yaitu Klinik Gizi, Klinik Kecantikan, Klinik Obesitas, Klinik Akupuntur Kecantikan/ Medis, Klinik Tumbuh Kembang Anak, Terapi Tumbuh Kembang Anak.
7.      Mayapada Hospital selalu mengutamakan mutu dalam pelayanannya sehingga tak jarang banyak konsumen yang puas akan pelayanan di rumah sakit ini.
8.      Mayapada Hospital memiliki tempat yang strategis dan lahan parkir yang luas.


MATRIKS IFAS

No
Faktor Internal Strategis
Bobot
Rating
Score

                 Kekuatan (Strenght)
             


1
Memiliki lahan parkir luas
0.10
2
0.2
2
Memiliki kerjasama asuransi
0.10
2
0.2
3
Memiliki akreditasi yang cukup baik di bidang neurologi
0.15
4
0.6
4
Memiliki fasilitas medis yang lengkap
0.15
4
0.6
5
Banyak memiliki dokter spesialis yang berkompeten di bidangnya
0.10
2
0.2

            Kelemahan (Weekness)



1
Belum dapat melayani BPJS umum dan BPJS peserta dari PNS dan ABRI.
0.06
2
0.12
2
Akses menuju lokasi agak susah karena terletak di lokasi yang tidak terjangkau kendaraan umum
0.06
3
0.18
3
Musholla yang letaknya berdekatan dengan kamar mayat, terletak di basement
0.05
3
0.15
4
Ruang rawat inap cepat penuh, sehingga harus antri untuk mendapatkan kamar
0.05
2
0.1
5
Harga makanan di kantin lumayan mahal dan tidak banyak pilihan
0.06
2
0.12

            Jumlah
0.88

2.47


MATRIKS EFAS
No
Faktor Strategi Eksternal
Bobot
Rating
Score

       Peluang (Opportunities)



1
Mendapat penghargaan
0.10
3
0.3
2
Pesaing hanya mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas
0.10
2
0.2
3
Pelayanan Inap pesaing termasuk kelas ekonomis
0.10
2
0.2
4
Rumah Sakit mayapada memliki dokter yang hampir semuanya sudah spesialis
0.10
2
0.2
5
Sertifikat Akreditasi pesaing telah memenuhi standar pelayanan dalam 16 bidang pelayanan
0.10
2
0.2

             Anacaman (Threats)



1
Mempunyai beberapa cabang yang di dirikan oleh Mayapada Group yang tersebar di wilayah Indonesia khususnya Tangerang dan Jakarta
0.09
2
0.18
2
Mayapada Hospital memiliki produk unggulan diantaranya Tahir Neuroscience center, Gastrointestinal & Liver Center, Cardiovascular Center, Oncology Center, Spine & Anthroplasty Center
0.09
2
0.18
3
Memiliki peralatan yang menunjang dalam memberikan pelayanan kepada pasien diantaranya MRI, CT SCAN, EKG dll
0.09
2
0.18
4
Mempunyai petugas yang ramah dan sigap dalam pelayanan
0.09
3
0.27
5
Mayapada Hospital selalu mengutamakan mutu dalam pelayanannya sehingga tak jarang banyak konsumen yang puas akan pelayanan di rumah sakit ini.
0.09
2
0.18

            Jumlah
0.95

2.09

PENGAMBILAN KEPUTUSAN
   1.      Score IFAS     : 2,47
   2.      Score EFAS    : 2,09

Artinya S > W dan O > T
Maka strategi yang digunakan adalah ekspansi
Ekspansi yaitu strategi perluasan karena kekuatan lebih besar dari kelemahanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar